MEMBUAT DESIGN PEMBELAJARAN ALA SAYA
Bismillahirrahmanirrahiim...
Deg - degan mikirin nhw kali ini, karena intruksinya ringkas tapi bikin mikir lamaa dan daleem banget ππ berikut NHW nya :
NICE HOMEWORK #5
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #2
π BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR π (Learning How to Learn)
Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat Design Pembelajaran ala kita.
πKami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.
πMunculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
πBukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.
πππππππππππππππππ
"Design Pembelajaran" yang menjadi keyword tugas, sudah pasti jadi keyword yang diketik dalam pencariaan arti dan maksudnya di search engine. Karena sebelum membuat design pembelajaran yang saya banget, saya kan musti tau dulu apa sih yang di maksud dengan "design pembelajaran"? Tujuan nya apa? Contohnya bagaimana? Dan fungsinya untuk apa? Dan setelah blog walking, ketemulah beberapa penjelasan yang bisa memberi saya gambaran apa itu "design pembelajaran" sehingga saya bisa membuat sendiri design pembelajaran yang saya banget alias ala saya π
Berikut rangkuman dari "proses" saya dalam mengerjakan NHW #5 yang ingin saya share kan ke teman - teman yang lain :
Pengertian Desain Pembelajaran
Desain adalah sebuah istilah yang diambil dari kata design (Bahasa Inggris) yang berarti perencanaan atau rancangan. Ada pula yang mengartikan dengan “Persiapan”. Di dalam ilmu manajemen pendidikan atau ilmu administrasi pendidikan, perencanaan disebut dengan istilah planning yaitu “Persiapan menyusun suatu keputusan berupa langkah-langkah penyelesaian suatu masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu”.Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu yang melibatkan sistem dalam dunia pendidikan yaitu; guru/pendidik, peserta didik, materi, tujuan dan alat
Desain pembelajaran menurut istilah dapat didefinisikan:
- Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).
- Rencana tindakan yang terintegrasi meliputi komponen tujuan, metode dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan (Briggs).
- Proses untuk merinci kondisi untuk belajar, dengan tujuan makro untuk menciptakan strategi dan produk, dan tujuan mikro untuk menghasilkan program pelajaran atau modul atau suatu prosedur yang terdiri dari langkah-langkah, dimana langkah-langkah tersebut di dalamnya terdiri dari analisis, merancang, mengembangkan, menerapkan dan menilai hasil belajar (Seels & Richey AECT 1994).
- Suatu proses desain dan sistematis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, serta membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah, yang didasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai teori-teori pembelajaran, teknologi informasi, sistematika analisis, penelitian dalam bidang pendidikan, dan metode-metode manajemen (Morisson, Ross&Kemp 2007).
πPembahasan Lebih lengkap mengenai definisi, tujuan, contoh dan fungsi desain pembelajaran bisa lihat disini
Pengertian Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.Macam - macam Metode Pembelajaran |
Komponen Utama Desain Pembelajaran
- Pembelajar (Pihak yang menjadi fokus) yang perlu diketahui meliputi karakteristik mereka, kemampuan awal & pra syarat.
- Tujuan pembelajaran (umum & khusus) adalah penjabaran kompetensi yang akan dikuasai oleh Pembelajar
- Analisis Pembelajaran, merupakan proses menganalisa dan materi yang akan dipelajari
- Strategi Pembelajaran, dapat dilakukan secara makro dalam kurun waktu satu tahun atau mikro dalam kurun satu kegiatan belajar mengajar
- Bahan Ajar, adalah format materi yang akan diberikan kepada pembelajar
- Penilaian belajar, tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah dikuasai atau belum
πinformasi lebih lengkap mengenai metode pembelajaran, komponen utama pembelajaran dan yang lainnya bisa lihat disini
Dari hasil penjabaran teori diatas mengenai definisi, metode dan komponen utama desain pembelajaran, sekarang kita sudah bisa membuat Desain Pembelajaran ala kita π
Desain Pembelajaran Ala saya
Desain Pembelajaran yang saya buat kali ini adalah desain pembelajaran untuk saya pribadi sebagai pembelajar yang sedang mengikuti Kelas Matrikulasi Ibu Profesional dan sedang memantaskan diri mengemban amanah menjadi seorang ibu yang profesional.
Sebagai Pembelajar, saya mempunyai gaya belajar visual - auditoral dimana belajar terbaiknya dengan melihat (seeing), mengakses citra visual dan dengan cara mendengar (hearing), mengakses segala jenis bunyi dan kata. Metode pembelajaran yang saya gunakan adalah dengan ceramah (penuturan secara lisan oleh dosen/guru/sumber ilmu), diskusi, tanya jawab maupun eksperimen.
Tujuan pembelajaran adalah untuk menjadi Ibu profesional yang dapat menjalankan perannya sesuai dengan misi spesifik hidupnya, dengan kompetensi :
- Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
- Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
- Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
- Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
Analisa pembelajaran dalam proses memantaskan diri menjadi ibu profesional dan menjalankan misi spesifik sudah saya jabarkan dalam NHW #4, termasuk ilmu-ilmu dan materi yang akan dipelajari (bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif, dan bunda shaleha)
Strategi pembelajaran saya buat dalam milestone yang terdapat pada NHW #4 dimana kurun waktu yang saya tetapkan adalah 1 tahun untuk setiap tahap kompetensi (satu bidang)
Bahan ajar, yaitu format materi yang saya gunakan adalah dalam bentuk buku (bunda sayang, bunda cekatan dan bunda produktif), file rangkuman kulwap, artikel, rekaman web binar dan video (jika ada) serta materi penunjang lainnya.
Penilaian belajar saya buat dalam "ceklist indikator profesionalisme perempuan" seperti yang saya buat pada NHW #2 yang akan diperbarui secara berkala dan bertahap menyesuaikan dengan target dan pencapaian.
Demikian Desain Pembelajaran Ala saya, yang mana desain pembelajaran ini saya gunakan juga sebagai acuan dan pedoman untuk membuat desain pembelajaran bagi anak - anak saya, dimana anak - anak sebagai pembelajar dan saya sebagai fasilitator. Insyaallah, Semoga bermanfaat ππ
Wassalamu'alaikum warahmatullah
/Atin C.N/
Sumber informasi :
- https://isnaizakiya29.wordpress.com/2014/05/24/desain-pembelajaran-perencanaan-pembelajaran-dan-kurikulum/
- https://www.slideshare.net/mobile/rachmelia/materi-1-instructional-design
- Gambar : https://path.com/profile/4wMwrF
#matrikulasiIIP
#NHW5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar